Rabu, 13 September 2017

Rel Pintu


Dalam penggunaannya pada semua jenis pintu di Indonesia, rel pintu merupakan satu sarana guna menjalankan daun pintu, baik ketika membuka dan menutup pintu, dengan cara digeser, ditarik, didorong, atau pun dilipat.

Sebagai komponen yang sangat penting pada sebuah pintu geser, rel pintu harus terbuat dari material yang kuat, tahan karat dan korosi serta harus dipasang dengan benar. Karena rel pintu itu sendiri memiliki inti kekuatan sekitar 50% dari keseluruhan rangkaian dengan komponen lain. Jika bahan tidak terbuat dari material yang kuat dan pemasangan-nya juga tidak benar, rel pintu akan cepat rusak dan sulit membuka atau pun menutup pintu. Efek pertama yang dirasakan oleh pengguna adalah susah membuka mau pun mengembalikan ke posisi semula atau pintu susah diakses.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi, sekarang rel pintu sudah di modifikasi dengan segala macam bentuk dan model yang bisa digunakan untuk semua jenis pintu. Dari pintu dengan material kayu, logam, PVC, bahkan pintu dengan material kaca pun sudah bisa mengunakan rel sebagai sarana buka dan tutup.

Selangkah di depan, rel pintu sudah meninggalkan engsel pintu sebagai sarana buka dan tutup pintu. Dan itu terjadi pada pintu geser dengan bukaan pintu tunggal, engsel pintu sudah benar-benar tidak dipakai sama sekali. Ini suatu kemajuan dengan manfaat yang positif terhadap luas ruangan yang terasa lebih lapang karena meminimalkan ruang yang biasanya digunakan pada pintu swing.

Dalam perkembangannya, rel pintu hingga sekarang ini sudah sangat maju, ditandai dengan berbagai merk, type rel dan sistem bukaan yang ditawarkan penjual dan beredar di pasaran. Misalnya rel pintu yang digunakan untuk pintu garasi di rumah, ada sistem lipat, sistem tikung dan sistem otomatis buka/tutup dengan alat kontrol/remote. Type rel-nya pun berbeda-beda sesuai jenis pintu dan berat pintu yang akan diaplikasikan. Sehingga pengguna sangat dianjurkan untuk mengetahui tinggi pintu, lebar pintu dan material pintunya sebelum membeli rel pintu dan komponennya. Ini penting agar tidak salah dalam memilih type rel-nya yang akan dibeli.